Wednesday, April 22, 2020

Teknik Penyemain Katak Porang Supaya Panen Melimpah

contoh katak porang yang unggul
www.bibitporangsuper,blogspot.com

Dalam beberapa tahun ini masyarakat dihebohkan dengan yang namanya porang. Tumbuhan yang dulu dikira tidak berharga, ternyata dapat menghasilkan uang dan menjadi sebuah bisnis yang sangat menjanjikan. Mahalnya porang menjadikan banyak yang tergiur untuk membudidaya porang, namun mereka tidak tahu ilmunya. Oleh karenanya kita akan membahas bagaimana cara menanam katak porang supaya mendapatkan hasil yang maksimal.
            Tanaman porang memiliki keunggulan yang sangat luar biasa dari jenis-jenis lainnya dikeluarga porang. Keluarga porang ada iles-iles, walur, dan suweg, namun yang paling menonjol dan dapat menguntungkan adalah jenis tanaman porang. Baik itu pada umbinya dn juga kataknya.
            Tanaman porang dapat dibudidayakan dengan cara menyemai katak yang tumbuh di sekitar ruas-ruas batang daun porang. Biasanya pertumbuhannya dapat mencapai sekitar 30 butir. Buah yang terdapat di sekitar daun disebut katak atau bubil. Lalu katak di tanam di lahan dengan jarak 25 cm per katak, lalu ditimbum tana sekitar 3/5 cm.
            Demi mengahasilkan yang diharapkan, maka perlu diketahui bahwa katak porang yang paling tengah akan menghasilkan katak yang besar, sedangkan katak paling ujung daun akan menghasilkan katak yang paling kecil. Untuk menghasilkan porang yang besar dengan berat sekitar 2/4 kg, maka harus menggunakan benih katak yang paling besar, bukan yang kecil, walaupun semua katak bisa dijadikan pembibitan benih.
            Bulan yang baik untuk menanam porang
            Musim yang bagus untuk menanam porang adalah bulan di mana dimulainya musim penghujan. Disaat musim penghujan akan terdapat banyak stok air yang melimpah. Perlu diingat, bulan yang bagus untuk menanam porang adalah sekitar januari sampai bulan mei. Diperkirakan pada bulan itu, debit air melimpah dan sungai-sungai pun akan mulai banyak menampung debit air, sehingga penanaman porang tidak akan kekurangan air.
            Proses Pemupukan
            Ketika penanaman porang sudah memasuki tiga bulan, maka diwajibkan memberi pupuk kompos atau kotoran kambing untuk menghasilkan hasil yang maksimal. Kebutuhan pemupukan bisa tergantung luas dan banyak bibit yang di tanam dalam lahan. Pemupukan dapat dilakukan 3 bulan sekali.
            Proses pemanenan
Untuk menghasilkan hasil yang maksimal, biasanya pemanenan porang paling minimal 2 musim penghujan, maksudnya 24 bulan, untuk hasil yang maksimal boleh memanen porang 3 musim. Terkait harga jual porang, dianjurkan memanen porang pada saat bulan agustus, karna pada saat ini harga porang akan naik, namun jika memanen pada bulan april maka yang terjadi adalah sebaliknya.

3 comments:

  1. Bagaimanakah cara berbudaya porang gan? Mohon infonya?

    ReplyDelete
  2. iya gan, siapkan kataknya yang paling besar, jangan yang kecil. maka hasil panen nanti akan melimpah

    ReplyDelete