Sunday, April 19, 2020

Mengenal Jenis Tanaman Porang

mengenal bibit porang
www.bibitporangpati.blogsspot.com

Porangatau yang disebut iles-iles adalah sejenis umbi-umbian yang dahulu kala banyak tumbuh di sekitar rumah kita. Daunnya berwarna hijau sampai batang pohon. Dan umbi ini tumbuh di tengah pohon dan di dalam tanah. Mungkin dulu tanaman ini tidak banyak yang tau serta kasiat kegunaanya. Namun akhir-akhir ini, tanaman porang mendapat perhatian dikalayak masyarakat luas karna harga jual serta pasarannya yang sangat menggiurkan. Oleh karnanya akan dibahas jenis tanaman porang.
            Ciri bibit Porang
            Tanaman porang bisa desebut dengan nama lain iles-iles, karna orang zaman dahulu menyebutnya itu. Tanaman ini ternyata dipercaya mengandung banyak vitamin sebagai pengganti beras. Porang memiliki ciri kas dan berbeda dengan tumbuhan lainnya. Ada sejenis tanaman yang mirip dengan porang, bersaudara dekat dengan porang, yaitu iles-iles. Iles-iles juga banyak dijumpai dikhawasan tropis seperti di Indonesia dan Asia Tenggara.
            Jenis bibit iles-iles
            Iles-iles masih saudara dengan tanaman porang, hal ini diperkuat dengan jenis syang mirip dengan porang, sama persis bahkan saudara kembar bagaikan kakak-beradik. Namun hal yang membedakan antara jenis tanaman porang dan iles-iles adalah sebagai berikut:
A.    Porang
1.      Terdapat umbi atau katak di garis tengah antara pertemuan daun
2.      Jenis tanaman porang biasanya lebih besar daripada iles-iles
3.      Umbi berwarna kuning
B.     Iles-iles
1.      Tidak terdapat umbi di pertemuan pusat tengah daun
2.      Jenis tanaman agak kecil dibanding porang
3.      Memiliki warna dalam umbi putih
Cara menanam porang sebenarnya mudah, jikalau kita dengan tekun mau mempelajari apasaja kelebihan dan kekurangan menanam porang. Pastinya dalam menanam sebuah tanaman tidak lupa kita harus selalu menyediakan air. Karna bibit awal di musih kemarau sangat membutuhkan bibit, kecuali musih hujan.
Kita dapat menyiapkan sebuah lahan sekitar 20x30 meterr, atau sesuai dengan tempat yang kita punya. Siapkan alat-alat seperti sekam, pupuk kompos dari kotoran kambing, cangkul dan sabit. Lalu tanam bibit yang sudah disemai sekitar berumur 3 bulan yang sudah tumbuh tunas. Selamat mencoba menanam bibit porang

1 comment: