Thursday, April 23, 2020

Pemilihan Benih Katak Porang yang Unggul


         
katak porang yang bagus
www.bibitporangsuper.blogspot.com
Untuk mendapat hasil yang maksimal dalam berbudidaya porang, pastinya membutuhkan benih yang bagus agar nantinya hasil panen melimpah dan sesuai yang diharapkan. Bertani porang sekarang menjadi nilai ekonomi yang tinggi, sehingga banyak mengundang minat orang untuk bercocok tanam dan mengembangkannya. Hal ini yang mendasari penulis ingin berbagi pengalaman dalam berbudidaya tanaman porang.
       Supaya kita tidak salah dalam bertani porang, maka sebaiknnya perhatikan dengan seksama bagaimana cara pembibitan, berapa tahun mangsa panen, dan harus bagaiman cara merawatnya. Karna semua itu dirasa penting untuk pengembangan budidaya porang agar mendapatkan hasil yang maksimal sesuai denga ekspetasi kita.
          Katak adalah buah porang yang terdapat di antara daun-daun porang, katak yang paling besar merupakan cikal- bakal porang yang bagus dan besar ketika dipanen. Porang pada umumnya di panen setiap dua musim penghujan. Nah katak yang bagus besar berada di tengah-tengah pohon dan daun porang. Biasanya semakin mengerucut kepucuk, katak akan menjadi lebih kecil.
         Setelah katak dipanen, seharusnya lalu dikeringkan ditengah terik sinar matahari, namun jangan terlalu kering. Langkah berikutnya adalah menyemai katak terlebih dahulu, atau langsung ditanam di tanah. Perlu diingat jarak tanam katak porang harus sekitar 25 cm per katak, tidak boleh terlalu longgar atau berjauhan. Hal itu dimaksudkan apabila pohon porang sudah tumbuh, ketika ada penguapan, mereka masih terlindungi dengan yang ada di sebelahnya, sehingga pohon porang tidak layu dan mati.
            Perkiraan waktu yang paling bagus untuk menanam katak porang adalah pada bulan januari sampai akhir bulan April. Pada bulan itu curah hujan masih cukup tinggi, sehingga tidak perlu penyiraman manual, karna sudah terbantu dengan air hujan.


1 comment: